Apakah Sabar Itu Ada Batasnya?

Mungkin selama ini masih saja kita memperhitungkan tingkatan kesabaran yang kita miliki atas ujian yang menimpa kita. Kita masih acapkali berkeluh kesah dan mempersempit hati kita, menganggap bahwa hati ini memiliki kapasitas kesabaran tertentu. Hanya saja kita sedikit kurang sabar padahal mungkin saja kita hampir melewati ujian tersebut. Apakah kita sudah cukup bersabar atas ujian yang menimpa kita? Atau hanya sekedar perkataan sabar yang terucap dari lisan sedangkan hati berbicara lain. Meski demikian kita selalu berharap agar kita termasuk orang-orang yang bersabar dan memohon untuk lebih dikuatkan melewati rintangan yang mengganggu keimanan kita. Lantas, siapa sebenarnya orang-orang yang termasuk golongan sabar menurut Allah SWT? Dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 156 Allah berfirman: 

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَىۡءٍ۬ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٲلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٲتِ‌ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِينَ (١٥٥) ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَـٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٌ۬ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٲجِعُونَ (١٥٦)
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun". 

Ada tiga tingkatan kesabaran yang biasa dialami kita:
1. Sabar atas musibah. Pahala atas sabar ini memperoleh 300 tingkatan (derajat), yang antara tingkatannya berjarak sejauh langit dan bumi.
2. Sabar melaksanakan ketaatan kepada Allah dan RasulNya. Pahala atas sabar ini memperoleh 600 tingkatan yang antar tingkatannya berjarak sejauh antara lapisan langit teratas (ketujuh) dan lapisan bumi yang ketujuh pula. Firman Allah SWT Quran Surat An Nisa 69:

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمَ ٱللَّهُ عَلَيۡہِم مِّنَ ٱلنَّبِيِّـۧنَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّہَدَآءِ وَٱلصَّـٰلِحِينَ‌ۚ وَحَسُنَ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ رَفِيقً۬ا (٦٩)
Dan barang siapa yang menaati Allah dan RasulNya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.
3. Sabar untuk menahan diri dari perbuatan-perbuatan hina dan maksiat. Pahala atas sabar ini memperoleh 900 tingkatan yang antar tingkatnya berjarak sejauh antara 'Arsy dan bumi. 
Janji Allah SWT bagi orang-orang yang sabar: 
Firman Allah SWT dalam hadist qudsi: 

Jika Aku menimpakan musibah kepada seorang hambaKu pada badan, harta, atau anak-anaknya, lalu ia sambut dengan penuh kesabaran, Aku malu untuk menegakkan neraca timbangan atau memeriksa catatan amalnya di hari kiamat. (HR At Tirmidzi, Ad Dailamy, Al Qadha'il) 

Firman Allah Ta'ala dalam hadist Qudsi:

Jika sebuah cobaan menimpamu, mintalah pertolongan kepadaKu dengan membaca Laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim. Jika engkau sakit, sembuhkanlah dengan sedekah. Jika engkau tertimpa musibah, katakanlah Inna lillahi wa inna ilaihi raji'uun. 
Semoga dengan ketiga tingatan kesabaran ini dapat menepis segala alasan kita untuk tidak berburuk sangka atas ketentuan Allah SWT dan bersabar atas ujian yang menimpa kita.

4 Comments:

yusdin said...

blog kamu bagu dan terlihat sangat profesional, tingkatkan terus artikelmu ,saya ini masih blogger pemula masih perlu banyak belajar

Infopertama.blogspot.com said...

artikel2nya bagus..bagus bang!!

Wanita2u said...

Jom join giveaway dari Wanita2u pula. :)
Hadiah mmg sangat menarik. Berbaloi-baloi join. Hehehe.

http://portalwanita2u.blogspot.com/2011/09/wanita2u-2nd-giveaway.html

BlogKoli demak said...

Maaf OOT.
Sahabat blogger demak gabung yuk dgn blogkoli, jgn lupa ajak temen2 yg lain gabung ya dan isi data dulu disini >> www.blogkoli.blogspot.com/p/pendaftaran.html
makasih.

Post a Comment